Info: Selamat Datang di www.artis303.net  | Situs Betting Online Terbaik Dan Terpercaya di Indonesia | BONUS NEW MEMBER 10 % . SPORTBOOK Dengan Minimal Betting Seribu Rupiah Saja Parlay Bola Jalan | CASINO SBOBET | SABUNG AYAM S128 | IBC BET | CMD | GD88 |

SIAPA SANGKA, LIONEL MESSI DAN PEP GUARDIOLA PERNAH HAMPIR KE GETAFE?

 
Lionel Messi dan Pep Guardiola. Foto: JOSEP LAGO / AFP

 

Presiden Getafe, Angel Torres, belum lama ini menuturkan bahwa timnya sempat punya peluang untuk mendapatkan Pep Guardiola dan Lionel Messi dari Barcelona. Bagaimana bisa?

Torres sendiri punya relasi yang baik dengan Joan Laporta, yang sempat menjadi Presiden Barcelona dari 2003 hingga 2010. Nah, oleh sebab ini, Getafe pun sempat diizinkan buat mendatangkan Messi pada musim debutnya, yakni 2005/06.

Sayangnya, proses kepindahan ini gagal karena tak mendapatkan restu dari sang pelatih Barcelona, Frank Rijkaard.

"Pada awal karier Messi, kami punya kans buat mendapatkannya dengan status pinjaman. Namun, Rijkaard tak setuju dan akhirnya hasrat ini tak terpenuhi," jelas Torres kepada Marca.

Keputusan ini nyatanya tepat buat Barcelona dan Messi. Secara perlahan, Messi, yang saat itu berusia 18 tahun, menjadi pilihan utama di sayap kanan dan membentuk trio mematikan bersama Samuel Eto'o dan Ronaldinho di lini serang.

Baik Eto'o dan Ronaldinho telah meninggalkan Camp Nou dan bahkan gantung sepatu. Namun, Messi masih tetap menjadi andalan La Blaugrana melalui kemampuannya yang komplet.

 

Lionel Messi dan Pep Guardiola. Foto: MIGUEL RUIZ / FCBARCELONA / AFP

 

Lantas, bagaimana dengan Guardiola?

Jadi, begini. Usai Rijkaard tak lagi menjadi pelatih pada 2008, Laporta sempat ragu Guardiola bakal cocok untuk menjadi arsitek tim inti Barcelona. Di mata Laporta, pengalaman Guardiola sebagai pelatih tim B Barcelona masih kurang meyakinkan.

Nah, di lain sisi, Getafe punya satu figur yang dipandang Barcelona cocok menjadi pelatih baru mereka pada 2008.

"Suatu waktu, mantan Direktur Olahraga Barcelona, Txiki Begiristain, menawarkan ide ini. Michael Laudrup, yang saat itu menjadi milik kami, pindah ke Barcelona. Sementara, Guardiola dilepas ke kami," jelas Torres.

Torres sendiri tak menjelaskan secara spesifik mengapa rencana ini tak terwujud. Satu hal yang jelas, pada akhirnya Guardiola melatih tim inti Barcelona. Berkat sosok kelahiran Santpedor itu, Barcelona menjadi tim yang kian disegani.

 

Josep Guardiola ketika melatih Barcelona. Foto: JOSEP LAGO / AFP.

 

Hingga meninggalkan Barcelona pada 2011, Guardiola telah meraih 14 titel. Dua di antaranya ialah Liga Champions yang dimenangi di 2008/09 dan 2010/11, dan tiga lainnya adalah La Liga yang diraih tiga musim beruntun dari 2008/09.